Hasil penelitian menunjukkan bahwa 83% masalah yang dihadapi pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah belum memiliki strategi pemasaran yang efektif sehingga masih kesulitan untuk mendapatkan calon pelanggan. Berbagai program untuk mengatasi permasalahan pemasaran UMKM telah banyak dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh pelaku UMKM.
Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Narotama (UNNAR) mengadakan Workshop Pendampingan Pemanfaatan dan Optimalisasi Peran Teknologi Informasi Dalam Mendukung Pemasaran Produk UMKM Di 3 (tiga) kota Sampang-Batu-Pasuruan Jawa Timur . Kegiatan ini diawali di Kota Sampang  pada hari Sabtu, 4 Juni 2016 di bertempat Hotel Panglima, Sampang.
Narasumber adalah Santirianingrum Soebandhi, SE, M.Com Workshop (pakar manajemen, akademisi UNNAR) dengan materi “Kenali Pelanggan Anda” dan Aryo Nugroho, ST, S.Kom, MT ((Co founder CATFIZ yang juga dosen Fasilkom UNNAR) dengan materi “Digital Marketing”. Workshop dimulai dengan sambutan oleh perwakilan Kepala Koperasi dan UKM Kabupaten Sampang dan Kepala LPPM UNNAR. Peserta 43 orang pelaku UMKM dari berbagai bidang usaha.
Aryo Nugroho memaparkan pentingnya digital media menjadi sebuah saluran yang memungkinkan customer mendapatkan informasi kapan saja dan di mana saja tentang produk atau layanan. Digital media berkembang dari entertainment, news, shopping dan interaksi sosial dan memungkinkan konsumen mudah mendapatkan informasi produk, perusahaan, teman, sejawat. Masyarakat dapat mempercayai suatu produk dari informasi yang didapatkannya dan komunikasi berkembang semakin personal.
Kepala LPPM UNNAR Dr. H. Sri Wiwoho Mudjanarko, ST, MT mengatakan, pendampingan ini untuk mengembangkan sistem pemasaran online menggunakan Teknologi Informasi melalui sosial media yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan promosi dan penjualan produk-produk UMKM di Jawa Timur. Hasil kegiatan ini yaitu pelaku UMKM memiliki account sosial media e-commerce sehingga dapat mengelola accountnya sendiri serta didapatkan data gambaran mengenai banyaknya jumlah pengunjung yang masuk dalam account sosial media e-commerce peserta pendampingan. [nar]
Foto: Workshop Pendampingan Pemanfaatan dan Optimalisasi Peran Teknologi Informasi Dalam Mendukung Pemasaran Produk UMKM Di Jawa Timur dilaksanakan pada Sabtu, 4 Juni 2016 di Hotel Panglima, Sampang dan Di Pasuruan 28 Juni 2016.

 

workshop pemanfaatan TI (1) - Copy Pemprof Pasuruan

Leave a Reply